Senin, 23 Mei 2011

Jenuh/bosan berkarir

Saat ini saya bekerja di perusahaan Material Handling sebagai Service Team Leader ( +- 6 tahun).
Saya sering berpikir untuk mencari pekerjaan baru ( tentunya dengan penghasilan yang lebih besar dari sekarang).  Atau wiraswasta,tetapi saya tidak tahu bidang apa yang harus saya ambil, terus terang yang saya tahu hanya teknisi service material handling ( over head crane )
Apakah saya harus bertahan ditempat kerja saya sekarang dengan mengalir apa adanya atau bagaimana?
Saya lagi bingung nih ?
Terima kasih atas advisenya
Dear Pak Sundarto,
Terima kasih atas kunjungan Anda ke Konsultankarir.com.  Masa kerja Anda sudah cukup lama, jadi wajar jika Anda merasa jenuh atau bosan, apalagi jika yang Anda kerjakan merupakan hal yang sudah Anda hapal di luar kepala.  Pekerjaan yang tidak lagi menantang dapat membuat kita menjadi seperti robot karena tanpa berpikirpun, pekerjaan tersebut bisa dilakukan dengan baik. 
Untuk mencari pekerjaan baru atau berwiraswasta tergantung pada Anda.  Menjadi wiraswasta membutuhkan ketrampilan dan karakteristik pribadi tersendiri, Anda harus memiliki kesiapan untuk bekerja keras dan mau mengambil resiko, mampu melihat peluang dan  juga dapat membangun networking. 
Tidak ada wiraswasta yang langsung sukses, semua dimulai dengan kerja keras dan keberanian.  Jika Anda memiliki karakteristik ini, selanjutnya Anda masih harus mencari tahu bisnis apa yang cocok untuk Anda jalankan, banyak yang menjalankan bisnis berawal dari hobi.  Orang yang hobi masak, membangun bisnis rumah makan dari yang kecil, hingga akhirnya tumbuh jadi restoran besar.    Coba Anda perhatikan hobi yang Anda lakukan pada waktu luang, apakah hobi tersebut memiliki peluang untuk Anda kembangkan lebih lanjut? Cari informasi sebanyak-banyaknya, Anda bisa mulai dari informasi yang ada di internet atau bertanya pada orang-orang yang menjalankan bisnis sendiri, untuk mendapatkan gambaran lebih jelas bagaimana mereka menjalankan bisnis.
Jika Anda hanya sekedar bosan/jenuh, coba lakukan hal-hal berikut ini sehingga pekerjaan yang membosankan, bisa kembali menarik hati Anda:
1. Fokus pada orang-orang yang terkena dampak dari pekerjaan Anda, dan bukan pada pekerjaan itu sendiri. Misalnya, jika Anda tugas dibagian service, fokus pada kepuasan pelanggan Anda dan cari tahu lebih banyak cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan tersebut, daripada hanya sekedar menyelesaikan tugas Anda saja.
2.  Anggaplah tugas-tugas yang Anda lakukan merupakan  potongan-potongan puzzle yang harus Anda rakit satu demi satu hingga hasil akhirnya adalah sebuah gambaran utuh dari tujuan kerja Anda. Memberikan atau menyelesaikan permasalahan teknis  material handling mungkin hal yang biasa untuk Anda, namun tidak demikian dengan orang yang tidak mengetahuinya.  Dengan pengetahuan tersebut, Anda dapat membuat modul kerja yang bermanfaat bagi staf di divisi Anda sekaligus menjadi modul yang dapat digunakan bagi orang-orang baru yang nantinya menggantikan Anda. Dengan demikian Anda telah membangun knowledge management, ini tentunya merupakan nilai tambah untuk penilaian kinerja Anda.
3. Terlibatlah dalam hal-hal yang menarik hati Anda di luar waktu kerja.  Dengan melakukan hal-hal yang menarik hati Anda, Anda dapat mengurangi rasa jenuh akibat pekerjaan Anda.  Jika Anda pulang kantor setelah melakukan pekerjaan yang membosankan, kemudian setiap malam Anda hanya menonton TV saja, mungkin secara general hidup menjadi membosankan. Tapi jika pulang kantor, sudah ada yang menanti untuk dikerjakan dengan senang hati, entah menulis untuk bikin buku yang telah lama Anda cita-citakan atau sekedar menyusun klipping asalkan itu menarik hati Anda, dipastikan dapat mengurangi kejenuhan akibat pekerjaan kantor. 
Demikian tips untuk mengurangi rasa jenuh atas tugas-tugas kantor.  Silahkan juga Anda  isi kuis yang ada dalam link di bawah ini, untuk mengetahui sejauhmana Anda memang sekedar bosan/jenuh atau memang sudah saatnya Anda pindah kerja.  


Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Salam,
Andin

0 komentarnya:

Posting Komentar