Rabu, 08 Juni 2011

Tips Mempersiapkan Diri untuk Mengikuti Jalur Masuk PMDK

Bagi kamu-kamu yang tertarik masuk Perguruan Tinggi lewat jalur PMDK (Penulusuran Minat dan Bakat), coba perhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan dan perjuangkan di bawah ini:
  1. Nilai mata pelajaran
    Usahakan nilai mata pelajaranmu di atas rata-rata, kemudian naik dari semester ke semesternya. Terutama nilai mata pelajaran yang mendukung dengan jurusan yang kamu ambil nantinya. Lebih bagus jika kamu mempunyai standart sendiri berapa nilai yang kamu harus peroleh, semisal 7 atau 8. Tetapai apabila kamu pernah mendapatkan nilai di bawah itu, solusinya adalah kamu harus mendapatkan nilai yang terus naik (semester ke semesternya) dari nilai sebelumnya. Ini kebih baik daripada mendapat nilai 9 lalu tiap semester berikutnya terus turun.
  1. Nilai rata-rata
    Nilai rata-rata adalah nilai rata-rata semua mata pelajaran kamu. Di sini kamu harus mendapat skor min. 7,5 lebih tinggi lebih baik, tetapi jangan di bawahnya ya? Karena ini adalah syarat nilai rata-rata yang di minta kebanyakan Perguruan Tinggi (dari tahun ke tahun berubah biasanya lho…!).
  2. Sertifikat dan Piagam
    Sering-seringlah mengikuti berbagai lomba. Terutama lomba yang mendukung kearah jurusan yang kamu cita-citakan. Lebih bagus lagi jika kamu bisa mendapatkan juara. Jangan lupa juga mengikuti organisasi di sekolah, sebab percuma orang pintar tetapi tidak suka bergaul-berbagi bersama teman. Di sana kamu akan mendapatkan pengalaman-pengalaman menarik yang tidak akan di ajarkan dalam kelas.

0 komentarnya:

Posting Komentar