Senin, 23 Mei 2011

Tips Lolos UMB Peguruan Tinggi Favorit

 Masuk Perguruan Tinggi favorit merupakan dambaan bagi semua yang mengidamkan masa depan cerah. Apatah lagi diterima pada jurusan yang diminati dan lagi trend kebutuhan global. Kuliah di Perguruan Tinggi favorit seolah tengah berada di atas jembatan menuju kesuksesan masa depan.
Memang sih, siapa yang tidak senang dan bangga bila dapat kesempatan kuliah di PT favorit? Peluang mendapat pekerjaan yang baik dengan penghasilan yang layak di kemudian hari terbuka secara lebar. Bukan sekedar karena kemampuan pengetahuan, skill dan behavior yang unggul tetapi didukung oleh reputasi Perguruan Tinggi yang kredibel di dunia usaha.
Tidaklah mengherankan kalau saat ini, pengelola Perguruan Tinggi membuka beberapa cara/jalur untuk mendapatkan mahasiswa yang unggul baik segi prestasi maupun kemampuan ekonomi. Seperti melalui seleksi trend perkembangan prestasi selama SMA atau presatasi khusus dalam event-event tertentu, seleksi jalur standar biaya masuk minimal, seleksi jalur nonsubsidi, dan seleksi jalur subsidi. Pokoknya, Perguruan Tinggi dengan kreativitasnya memburu calon mahasiswa yang dapat mengembangkan reputasi dan kemampuan finansial lembaga. Dengan tetap memberi peluang bagi seluruh anak bangsa untuk mendapatkan pelayanan pendidikan di Perguruan Tinggi.
Rasa senang dan gembira dirasakan oleh mereka yang diterima dan mampu memenuhi syarat adminismtrasi dan keuangan untuk mengikuti kuliah di Perguruan Tinggi idaman. Namun Rasa sedih dan kecewa juga terasa mendalam bagi mereka yang tidak dapat berhasil lulus dalam Ujian Masuk dan atau tidak dapat memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi.

Berikut beberapa 7 TIPS yang mungkin dapat membantu agar Lolos dan diterima kuliah di perguruan Tinggi favorit:
  1. Pelajari model-model soal ujian masuk yang telah digunakan sebelumnya. sekarang sudah banyak diterbitkan dalam bentuk buku.
  2. Buat kelompok diskusi/kelompok belajar untuk share penguasaan konsep bahan ujian. Jika punya kocek yang banyak, bisa ikut dalam lembaga bimbingan tes yang sudah menjamur di mana-mana.
  3. Pilih jurusan yang sesuai minat dan pastikan jumlah peminatnya sehingga ketatnya kompetisi dapat diprediksi serta  membakar motivasi belajar.
  4. Carilah peluang donatur untuk mendapatkan beasiswa atau sponsor yang dapat membiayai kuliah. Baik di lembaga pemerintah, swasta ataupun lembaga swadaya masyarakat meskipun harus dengan kontrak ikatan  dinas.
  5. Mintalah restu dari orang tua atas segala usaha yang akan kamu lakukan
  6. Dekatkan diri kamu pada Sang Pencipta dan bertawakkallah, bagi yang muslim puasa sunnah dan sholat sunnah khusus (tahajjud, dhuha, dan istiharah)
  7. Bersedekahlah kepada yang membutuhkan dan berbuat baiklah kepada sesama. Jika engkau membantu orang lain dengan ikhlas karena Allah, niscaya Allah akan memberikan kepada kamu balasan yang berlipat ganda dari arah yang tidak kamu duga.
Dengan menenpuh ke-7 tips di atas, yakinlah bahwa anda akan dapat mengatasi segala rintangan yang kamu hadapi. Sehingga harapan untuk masuk dan kuliah di Perguruan Tinggi favorit niscaya dapat tercapai atas izin Allah.

0 komentarnya:

Posting Komentar